Senin, 19 Desember 2016

Pola Asuh Anak Yang Tepat


Kegiatan membuat anak agar bisa tumbuh dan bisa menjadikan anak bisa bagus dan tumbuh sesuai dengan harapan merupakan tindakan yang harus dilakukan oleh seorang ibu atau orang tua pada umumnya. Ini sering disebut dengan pola asuh anak, dimana ditekankan kepada para orang tua agar selalu melihat dan menjaga hingga mempengaruhinya sehingga kemudian anak bisa beranjak dewasa sesuai harapan yang diinginkan orang tuanya. 

Berbicara mengenai keberadaan anak sebelum bisa di asuh dan diberikan semua yang diperlukan maka akan ada pertanyaan mengenai anak yang bertingkah berlebihan atau hiperaktif dalam kesehariannya, maka perlu penanganan khusus dan ekstra dari orang tuanya. Tetapi bila anaknya biasa saja akan tidak terlalu sulit untuk menjadikan anak tumbuh baik.

Dalam hal pola asuh anak ada banyak pola yang bisa diterapkan, mulai dari mendidik dan mengarahkan kepada apa yang diinginkan sampai dengan pemberian nutrisi atau makanan juga minuman yang mesti dikasih kepada anak.

Dalam melakukan pengasuhan terhadap anak yang paling baik adalah dengan membuat anak tetap nyaman dan aman ketika orang tuanya menemani dan melakukan pengawasan serta menyisipkan suatu perintah, tetapi hal yang paling harus dihindari adalah dengan membuat anak tertekan dengan arahan dan keinginan dari orang tua itu sendiri.

Ada banyak pola asuh anak yang bisa dilakukan oleh para orang tua, diantaranya dengan otoriter, demokratis, Temporizer, Appeasers, Permisif. Dari daftaran ini yang paling tepat dan harus dilakukan adalah jenis pola asuh demokratis dimana orang tua hanya menampung dan mengarahkan kemana arah dan tujuan anak dalam mengungkapkan keinginannya, terlepas dari usia anak itu sendiri, sebab pada umumnya anak di bawah 6 tahun tidak terlalu memahami apa yang di inginkan, hanya bermain dan bisa mendapatkan keceriaan saja. Untuk anak yang mulai beranjak sekolah dasar mulai mengungkapkan keinginan keinginannya seperti dari sisi mainan yang diidamkan, cita citanya dan masih banyak lagi.

Intinya dalam pola asuh anak ini tepat bagi anak sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang secara cepat dan tidak tertekan secara emosional.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It