Rabu, 08 November 2023

Penyebab Mata Gatal, Paling Sering Terjadi

Leave a Comment


Gangguan pada mata bisa terjadi kapan saja dan terjadi pada siapa saja, ini disebabkan beberapa hal baik dari internal maupun eksternal. Internal dari dalam tubuh dan eksternal bisa karena disebabkan dari lingkungan tempat kita berada. Nah kali ini kita akan membahas mengenai penyebab mata gatal mulai dari yang paling sering terjadi. Nah kira-kira apa saja penyebabnya?

Berikut Ini Beberapa Penyebab Mata Gatal Yang Paling Sering Terjadi

Alergi

Ini merupakan yang biasanya terjadi sepanjang tahun, alergi ini bisa disebabkan oleh debu, serbuk sari, atau bulu binatang yang tentunya menjadi penyebab mata gatal. 

Mata Lelah

Ini juga sering kali membuat penyebab mata gatal, yaitu seperti menatap layar komputer, ponsel, atau televisi dengan durasi waktu yang lama. Beberapa aktivitas tersebut tentunya bisa memicu mata menjadi gatal.

Kalau Anda memang harus menatap layar dengan waktu yang lama, maka ada baiknya untuk istirahatkan mata secara berkala. Anda bisa melakukan tidur siang untuk mengistirahatkan mata. 

Mata Kering

Seperti yang kita ketahui, tubuh secara terus menerus memproduksi air mata sehingga ini bisa membuat mata jadi lembab dan tidak kering.

Akan tetapi seiring dengan bertambahnya usia, produksi air mata akan cenderung mulai berkurang. Hal tersebut dapat menjadikan mata kering dan kemudian terasa gatal. 

Infeksi

Ini juga sebagai salah satu penyebab mata jadi gatal, salah satu yang paling umum yaitu terjadinya konjungtivitis atau radang selaput lendir mata. Infeksi ini ditandai dengan mata yang gatal serta keluar cairan dari mata. Kalau Anda mengalami tanda-tanda tersebut, maka sebaiknya Anda segera minta bantuan dokter dalam menyelesaikan persoalan ini supaya tidak menular pada orang lain.

Iritasi Udara

Iritasi ini disebabkan oleh lingkungan sekitar kita yang terkadang tidak bersahabat, beberapa yang menyebabkan iritasi tersebut yaitu asap, knalpot, parfum, atau adanya partikel-partikel lain terdapat di udara. Maka dari itu Anda perlu untuk menghindari paparan tersebut dengan memakai tetes mata untuk menenangkan mata contohnya Anda bisa menggunakan insto.

Nah itulah beberapa penyebab mata gatal yang paling sering terjadi, semoga bermanfaat ya?

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar