Selasa, 19 November 2019

Cara Membedakan Model Cincin Berlian Asli dengan Palsu

Leave a Comment
Model Cincin Berlian
Cincin berlian adalah perhiasan yang diinginkan oleh banyak orang. Tingginya minat terhadap berlian, terkadang dijadikan kesempatan oleh beberapa pedagang nakal. Salah satunya yaitu dengan memalsukan nya. Ketersediaan model cincin berlian di pasaran terbilang sangat lengkap. Namun, ada beberapa trik yang harus Anda ketahui agar tidak salah membeli.

Nah, pada artikel ini, kami akan mengulas cara membedakan yang asli dengan yang palsu. Untuk lebih lengkapnya, simak di bawah ini:

Model Cincin Berlian


1. Tes Embun


Tes embun adalah salah satu cara untuk mengetahui keaslian nya. Caranya adalah dengan meletakkan berlian di depan mulut Anda. Kemudian, hembuskan lah nafas pada bagian berlian, seperti Anda menghembuskan nafas pada cermin. Jika embun nya bertahan dalam beberapa detik, maka dapat dipastikan berlian tersebut palsu.

Berlian asli biasanya tidak akan mudah berembun. Karena, berlian asli akan segera mendispersikan panas dari napas. Jadi, meski diembuni, berlian akan tetap berkilau.

2. Tidak Mudah Tergores

Berlian adalah batu terkeras di muka bumi. Artinya, berlian tidak akan mudah tergores. Anda bisa mencobanya dengan mengamplas berlian. Cara ini bisa dilakukan jika Anda memiliki berlian yang diduga palsu. Berlian palsu akan tergores jika diamplas. Kekerasan berlian sendiri bisa mencapai 10 skala MOS.

3. Cek Keaslian Berlian di Dalam Cahaya

Berlian adalah perhiasan yang dapat memantulkan cahaya secara unik. Berlian akan berkilau berwarna abu-abu dan putih. Sementara jenis permata lainnya, akan mencerminkan warna pelangi. Jika ada sebuah berlian yang dikatakan asli berwarna pelangi ketika terkena cahaya, maka kemungkinan berlian tersebut palsu.

4. Perhatikan Keterbiasan Berlian

Berlian memiliki sifat yang dapat membiaskan, atau membelokan cahaya. Sehingga, penampilan berlian akan tampak berkilau. Sementara kaca dan kuarsa, kilauan nya tidak sebaik berlian. Hal tersebut karena kaca dan kuarsa, memiliki indek keterbiasaan yang rendah.
Kilauan batu berlian tidak dapat diubah, bahkan oleh seorang ahli sekalipun. Hal tersebut karena itulah sifat asli dari berlian.

5. Menggunakan Kaca Pembesar

Cara ini memang agak sedikit sulit bagi para pemula. Namun, ini merupakan salah satu trik terbaik untuk mengetahui keaslian nya. Melalui kaca pembesar, kita bisa mencari ketidaksempurnaannya. Caranya adalah dengan memperhatikan mulai dari sisi tepi, pemasangan berlian pada cincin, dan sebagainya.

6. Menggunakan Alat Khusus

Terdapat sebuah alat khusus untuk mengetahui kasliannya. Alat ini cocok sekali untuk pemula. Pada alat tersebut ada sebuah indikator yang akan memperlihatkan keasliannya. Alat tersebut berbentuk digital yang mudah digunakan. Biasanya, alat ini digunakan di toko-toko perhiasan. Jadi, Anda yang berencana membelinya, bisa meminta penjual untuk mengecek nya dengan alat ini.

Tips Mengetahui Keaslian Berlian

Selain keaslian, kualitasnya pun perlu diperhatikan. Kualitas berlian dapat diindikasikan melalui 4C (clarity, color, cutting, carat). Adapun informasi lengkapnya bisa Anda cek berikut ini:

  • Cutting (potongan) adalah proses pemotongan berlian. Proses ini juga dapat menentukan bentuk dan juga tingkat kecemerlangan berlian.
  • Color (warna) adalah bagian yang tidak kalah penting. Berlian terbaik adalah jenis berlian putih cemerlang tanpa ada warna lain yang ada di dalamnya.
  • Carat (karat) adalah penilaian berat pada berlian. Karena, ukuran berlian tidak menggunakan volume, namun berat. 1 karat setara dengan 200 mg.
  • Clarity (kejernihan) berlian adalah salah satu faktor yang menentukan kualitasnya. Berlian yang paling jernih, adalah yang terbaik.

Itulah ulasan tentang cara membedakan model cincin berlian asli dengan yang palsu. Dari penjelasan di atas, sedikit banyaknya kini Anda mengetahui cara membedakannya.


If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar