Senin, 24 Juli 2017

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ketika belajar Menulis

Leave a Comment
Cara mengajari anak menulis

Belajar menulis merupakan salah satu kemampuan dasar harus dimiliki setiap anak. pelajaran ini merupakan bekal penting untuk mereka ketika masuk sekolah. Sebelum masuk ke sekolah, lebih baik jika orang tua mengajarkannya terlebih dahulu agar anak merasa siap dan percaya diri. Namun mengajari anak pelajaran akademis memang membutuhkan skill yang khusu karena tidak semudah yang dibayangkan.

Tidak semua anak memiliki kemampuan yang bagus dalam menangkap apa yang kita ajarkan. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua bagaimana cara mengajari anak menulis yang benar, diantaranya:

  • Mengajari dengan penuh kesabaran

Segala sesuatu memang membutuhkan proses. Kita tidak bisa menuntut anak untuk langsung bisa menulis dengan rapi. Karena masih dalam tahap belajar wajar jika harus selalu melakukan kesalahan. Biasanya anak perlu mengulang latihan selama beberapa kali hingga membentuk huruf yang sempurna. Jika anak merasa kesulitan dan harus terus mengulang, cobalah untuk bersabar. Ajari mereka secara perlahan-lahan sehingga mereka paham apa yang kita sampaikan.

  • Berikan contoh yang baik

Anak-anak merupakan peniru yang baik, untuk itu berilah contoh yang baik. Misalnya dalam hal memegang pensil yang benar dan memberikan penekanan yang benar ketika menulis. Mereka akan berfikir bahwa jika tidak menekan pensil dengan keras, maka tulisannya tidak akan terlihat. Anda bisa menjelaaskan dengan perlahan dan memberi contoh agar tidak menulis dengan tekanan yang terlalu keras.

  • Memberikan latihan otot tangan

Hal ini bisa sangat berguna untuk melatih otot tangan anak supaya terbiasa. Latihan ini bisa anda lakukan ketika sedang belajar. Mintalah anak untuk menuliskan kata yang sesuai dengan apa yang ada sebutkan. Kemudian coba perhatikan hasilnya apakah sudah benar atau tidak. Berilah latihan ini secara terus menerus agar anak merasa terbiasa.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua ketika mengajari anak menulis. Untuk mencegah anak merasa bosan, pikirkanlah bagaimana cara mengajari anak menulis yang menyenangkan, sehingga dia pun selau bersemangat untuk belajar.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar