Sabtu, 20 Mei 2017

Cara Mengaplikasikan Teori Strategi Humas

Leave a Comment
Cara Mengaplikasikan Teori Strategi Humas

Teori adalah suatu pendapat yang telah didasari dengan penemuan dan didukung oleh data serta eksperimen yang menghasilkan fakta. Sedang strategi adalah daya juang atau rencana khusus untuk mencapai suatu tujuan. Kalau humas adalah sebuah usaha menciptakan dan membangun citra, reputasi serta menjalin komunikasi yang bermanfaat antara organisasi dengan masyarakat.

Pengertian dari teori strategi humas adalah langkah atau perencanaan khusus tentang menjalin hubungan masyarakat sehingga tujuan yang diinginkan tercapai. Bisa dikatakan kemajuan atau kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh aktivitas humas yang dilakukan. Jadi, peranan humas dalam perkembangan perusahaan sangat penting dan humas ini harus direncanakan dengan baik.

Salah sedikit dengan perwujudan humas, bisa-bisa menyebabkan masalah besar pada perusahaan atau organisasi. Perusahaan harus mampu mengembangkan hubungan harmonis dengan para masyarakat. Itulah sebabnya, perusahaan besar mencari tenaga humas yang profesional, sehingga bisa mencapai misi yang diinginkan. 

Nah, berikut ini langkah-langkah strategi humas yang bisa Anda kembangkan :

  • Pertama, tentukan misi perusahaan meliputi pernyataan umum tentang maksud dan tujuan pendirian, sasaran dan filosofi.
  • Selanjutnya, kembangkan profil perusahaan atau organisasi yang menciptakan kondisi internal dan kemampuan dari perusahaan.
  • Amati dan lakukan penilaian terhadap lingkungan eksternal, pertimbangkan dari segi semangat secara kompetitif ataupun secara keseluruhan.
  • Kemudian, analisa peluang yang ada di lingkungan sehingga menimbulkan beragam pilihan.
  • Mengidentifikasi pilihan yang belum bisa terpenuhi agar bisa memenuhi tujuan perusahaan.
  • Memilih cara berdasarkan tujuan jangka panjang yang diperlukan guna mencapai tujuan.
  • Langkah berikutnya adalah dengan mengembangkan tujuan tahunan serta rencana jangka pendek yang mendukung rencana jangka panjang.
  • Mengimplementasi semua hal-hal yang digunakan pada anggaran dengan mengkombinasikan rencana itu menggunakan sumber daya manusia, teknologi, struktur dan sistem balas jasa.
  • Mereview dan mengevaluasi apa yang telah dicapai sebagai proses melakukan kontrol dan mempermudah input untuk pengambilan keputusan di masa depan.

Cara Mengaplikasikan Teori Strategi Humas

Dengan mengetahui dan mengaplikasikan langkah-langkah teori strategi humas, Anda bisa menyelaraskan program dan tindakan untuk kedepannya. Jadi, sebelum melakukan tindakan, Anda harus memahami dulu beberapa hal diatas.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar