Jumat, 25 Agustus 2017

Kenali Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usianya

Leave a Comment
Kenali Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usianya

Tumbuh kembang adalah proses berkelanjutan yang dimulai sejak konsepsi atau anak usia dini, sampai maturitas atau anak beranjak dan berubah menjadi dewasa. Proses ini dipengaruhi oleh faktor internal atau bawaan dan eksternal atau lingkungan. Dalam waktu tertentu, tumbuh kembang anak akan mengalami percepatan dan perlambatan pada setiap organ tubuh yang dimilikinya.

Namun perlu diketahui bahwa pola perkembangan pada setiap anak adalah sama, dan yang membedakannya adalah kecepatan pertumbuhan fisik dan perkembangan fungsional antara anak satu dengan yang lainnya. Secara bertahap aktivitas seluruh tubuh akan diganti dengan respon tubuh yang khas oleh setiap organ yang dimiliki.

Fase tumbuh kembang anak dibagi dalam beberapa tahapan, yang pertama adalah tahap neonatus atau bayi sejak lahir sampai usia 28 hari. Kedua, bayi usia 1 bulan sampai 1 tahun. Dalam tahap ini bayi memiliki kemajuan tumbuh kembang yang sangat pesat. Bayi mulai bisa mengangkat kepala, mengikuti objek di depan mata, melihat dengan tersenyum, mulai bisa duduk tanpa ditopang, bisa tengkurap dan berbalik sendiri, bahkan menirukan tepuk tangan. 

Kemampuan tersebut berkembang hingga bayi bisa berdiri sendiri tanpa dibantu, berjalan dengan dtuntun, dan menirukan suara. Ketiga, tahap todler yaitu usia 1-3 tahun. Anak usia toddler mempunyai sistem kontrol tubuh yang mulai membaik. Lingkungan di luar keluarga terdekat mulai mempengaruhi proses belajarnya. Mereka mulai berinteraksi dengan teman, mengembangkan perilaku/moral secara simbolis, dan memiliki kemampuan berbahasa yang minimal. 

Pada fase ini, berikan Dancow 1+ dengan varian rasa Vanila, Coklat, atau Madu untuk optimalisasi proses tumbuh kembangnya. Fase selanjutnya adalah tahap pra-sekolah (3-6 tahun). Dalam hal pertumbuhan, secara fisik akan terjadi penambahan berat dan tinggi badan serta kemungkinan munculnya gigi permanen. Berikan Dancow 3+ untuk mendukung fase pertumbuhan tersebut. 

Dan fase anak yang terakhir adalah usia sekolah (6-12 tahun) yang sangat dipengaruhi oleh teman sebayanya. Perkembangan fisik, psikososial, mental anak akan meningkat. Dukung perkembangan anak untuk mengejar hoby sesuai dengan bakatnya dengan Dancow 5+. Dancow mendukung tumbuh kembang anak sesuai pada usianya.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar